Welcome to Pluit City Contact Center. May I help you? Ask Something

NATIONAL CAPITAL INTEGRATED COASTAL DEVELOPMENT (NCICD)

Kawasan mandiri dan terpadu Pluit City dihadapkan oleh tantangan utamanya, yakni penyediaan konektivitas demi mengatasi masalah mobilitas masyarakatnya.
Program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda ini menjadi solusinya.

Tantangan utama yang dihadapi dalam proses pembangunan di Pantai Utara Jakarta adalah konektivitas. Agung Podomoro Land (APL) sebagai pengembang kini bekerjasama dengan pemerintah dalam program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau yang dikenal dengan Megaproyek Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara untuk mengatasi masalah transportasi dan
menyediakan konektivitas bagi warga.

Implementasi program ini telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 9 Oktober 2014. Peresmian NCICD ditandai dengan pemasangan pancang tiang baja sepanjang 75 meter. Bertempat di Pesisir Pantai Kawasan Pluit, program NCICD diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung bersama Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dadak dan Deputi Bidang Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta Sarwo Handayani.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta Sarwo Handayani yang menyampaikan bahwa program NCICD merupakan bagian dari pengembangan jangka panjang. “Diharapkan kepada seluruh pengembang yang memiliki lahan di sepanjang pantai utara Jakarta untuk bersamasama berpartisipasi membangun tanggul tahap pertama NCICD sepanjang 32 kilometer dalam tiga tahun ke depan,” ujarnya. Perencanaan pembangunan NCICD merupakan langkah awal dari proses panjang untuk mewujudkan ketahanan lingkungan Jakarta. Segala aspek demi terwujudnya program NCICD senantiasa digalakkan, antara lain peningkatan kualitas air, mitigasi penurunan permukaan tanah, peningkatan pengelolaan air limbah dan pembersihan sungai-sungai yang melewati Jakarta.

Pada kesempatan ini, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dadak menegaskan bahwa sepanjang 8 kilometer menjadi tanggung jawab pemerintah dan 24 kilometer saat ini dikelola oleh swasta. “Pekerjaan Tahap I program NCICD adalah memperkuat tanggul eksisting sepanjang 32 kilometer di sepanjang garis pantai dan memperkuat tanggul sungai yang bermuara di Teluk Jakarta,” ujar Hermanto Dadak.